Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL/PRAKERIN) SMK



LEMBAR PERSETUJUAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)


Nama                         : RAHARDHIAN FIRMANSYAH
Paket Keahlian        : TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Tempat Prakerin       : DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PACITAN

                                                                                    Pacitan, 15 April 2016


Disetujui Dan Diterima


Pembimbing Sekolah                                                Ketua Paket Keahlian

Umi Tasbihah, M.Pd.                                              Nurul Hidayati, S.Kom
  NIP. 197501272005012010                                     NIP. 197808282009032004


Ketua Pokja Praktek Industri

Drs. Paulus Sunarno, MM.Pd
 NIP. 19650828 199303 1 004

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PACITAN

Disusun oleh:
1.    AHMAD ANGGA SAPUTRA
2.    KUKUH ADI SAPUTRO
3.    RAHARDHIAN FIRMANSYAH
4.    TYAS ARIE WIBOWO


                                                           
Mengetahui dan menyetujui :


 Pimpinan DU/DI                                                                    Pembimbing DU/DI


   Drs. Rudy Haryanto, M.Pd                                            Drs. Priyadi, M.Hum
   NIP. 19650910 199033 1 016                                            NIP. 19630330 199001 1 001


DAFTAR SISWA

Nama                                : Ahmad Angga Saputra
Tempat Tanggal lahir     : Pacitan, 18 Juli 1999
Alamat                              : Rt. 03 Rw. 01 Dusun Krajan Desa Pagutan Arjosari
Agama                              : Islam
Asal sekolah                   : SMK Negeri 1 Pacitan
Kelas                                : XI TKJ 1

Nama                                : Kukuh Adi Saputro
Tempat Tanggal lahir     : Pacitan, 10 April 1999
Alamat                              : Rt. 01 Rw. 01 Dusun Krajan Desa Ngile Tulakan
Agama                              : Islam
Asal sekolah                   : SMK Negeri 1 Pacitan
Kelas                                : XI TKJ 2

Nama                                : Rahardhian Firmansyah
Tempat Tanggal lahir     : Pacitan, 02 Oktober 1998
Alamat                              : Rt. 01 Rw. 01 Dusun Ngerjoso Desa Sukoharjo Pacitan
Agama                              : Islam
Asal sekolah                   : SMK Negeri 1 Pacitan
Kelas                                : XI TKJ 1

Nama                                : Tyas Arie Wibowo
Tempat Tanggal lahir     : Pacitan, 10 Februari 1999
Alamat                              : Rt. 01 Rw.04 Dusun Tenggar Desa Temon Arjosari
Agama                              : Islam
Asal sekolah                   : SMK Negeri 1 Pacitan
Kelas                                : XI TKJ 1
                                                                       

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat serta Hidayah-Nya sehingga dapat terselesaikannya Laporan Hasil Kerja Siswa pada Tahun Pelajaran 2015/2016 ini.
            Pada kesempatan ini saya tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas  bantuan dan bimbingannya dalam menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL), terutama kepada yang terhormat :
1.    Bapak Drs. Sakundoko, M.Pd selaku kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan
2.    Bapak Sunaryono, S.Pd, M.Pd  , selaku Kepala SMK Negeri 1 Pacitan
4.    Bapak Drs. Priyadi, M.Hum selaku pembimbing praktik yang telah memberikan bimbingan dengan baik selama PKL;
5.  Kedua orang tua yang senantiasa memberikan dukungan serta doa dalam kegiatan ini;
6.    Serta pihak-pihak lain yang telah membantu penyusun dalam menyelesaikan laporan ini.
Laporan ini merupakan wujud tanggung jawab penyusun secara tertulis atas pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan siswa dalam rangka Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran akan kami terima dengan senang hati demi kesempurnaan laporan ini.
Demikian semoga laporan ini dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


                                                                          Pacitan, 15 April 2016

                                                                                         
                                                                                                   Penyusun




DAFTAR ISI    
Lembar Judul (cover/sampul depan)
Lembar Persetujuan Laporan PKL  (Pihak Sekolah)................................ 1
Lembar Pengesahan Laporan PKL (Pihak Industri)................................. 2
Daftar Siswa..................................................................................................... 3
Kata Pengantar................................................................................................ 4
Daftar Isi............................................................................................................ 5
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan ......................................... 6
1.2 Dasar-dasar Praktek Kerja Lapangan................................................ 6
1.3 Tujuan Praktek Kerja Lapangan......................................................... 7
BAB 2 DASAR - DASAR TEORI KEGIATAN
     2.1 Kegiatan Yang Dilaksanakan....................................................... ....9
BAB 3 PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
3.1 Waktu ................................................................................................. 10
3.2 Tempat ............................................................................................... 10
3.3 Laporan Kegiatan Siswa................................................................. 10
BAB 4 PROSEDUR PRUSAHAAN
4.1 Sejarah Perusahaan ....................................................................... 14
4.2 StrukturOrganisasi............................................................................ 17
4.3 SaranaPrasarana.............................................................................. 18
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan .................................................................................19
5.2 Saran ..........................................................................................19
LAMPIRAN





BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam era globalisasi, perkembangan mutu atau kualitas sebuah pendidikan, di masa kini sangat di butuhkan tenaga-tenaga kerja yang berpotensial. Praktek Kerja Lapangan (PKL), merupakan salah satu bentuk penyelengaraan dan pelatihan bagi siswa yang memadukan antara yang di peroleh di sekolah dengan pendidikan di Dunia Industri secara langsung, terarah untuk menambah keahlian tertentu sekaligus sebagai peningkatan siswa untuk mendapatkan nilai tambah yang besar serta wawasan yang luas.
 Praktek Kerja Lapangan (PKL) juga merupakan syarat mutlak bagi semua siswa yang akan menyelesaikan studi di SMK NEGERI 1 PACITAN agar dapat mengenal dunia kerja yang lebih luas dan menerapkan pengetahuan teori dan keterampilan yang telah di peroleh selama proses belajar di sekolah, sehingga dapat mencetak generasi yang layak dan mampu serta siap untuk terjun langsung dalam dunia kerja dan dunia bisnis untuk melanjutkan suatu karier yang dikaruniakan oleh Tuhan yang Maha Kuasa, untuk menjadi suatu bekal kehidupan di masa yang akan datang.
Oleh sebab itu Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini dapat bermanfaat bagi suatu kalangan masyarakat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih efektif dan efesiensi.
Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini di lakukan selama 3 (tiga) bulan.

1.2 Dasar- Dasar Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
1.    Kebijakan pemerintah yang terdapat dalam GBHN tahun 1998 menetapkan bahwa tujuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menghasilkan tenaga terampil tingkat menengah yang layak Kerja Usaha di berbagai sektor pembangunan dan meningkatkan mutu yang relevan di Dunia Usaha Pendidikan sehinggah terdapat kesinambungan.
2.    Undang-undang (UU) No. 2 Tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional.
3.    PP No. 39 Tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional.
4.    Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0490/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan.
5.    Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 080/U/1993 tentang kurikulum SMK sebagai berikut, Penyelenggara Pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan Sekolah dan Pendidikan Luar Sekolah (PLS).
6.    Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 080/U/1993 tentang Program Pendidikan dan Lapangan Kerja.
7.    Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 323/U/1997 tentang penyelenggaaan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
8.    Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional.
9.    Permen No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
10. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
11. Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
12. Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
1.3 Tujuan Prakerin
Tujuan pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) sebagai berikut :
1.    Mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan.
2.    Mempelajari mekanisme sistem dan membantu kelancaran tugas operasional pada instansi atau perusahaan dimana peneliti ditempatkan.
3.    Memperluas pandangan untuk berpikir dalam sebuah organisasi, khususnya dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi secara nyata.
4.    Melatih peneliti untuk menganalisis dan menyesuaikan teori dan keadaan yang sebenarnya dilakukan dilapangan atau di kantor, sehingga mendapat pengalaman dan pengetahuan yang dapat menunjang teori-teori yang diperoleh dengan baik.
5.    Memperoleh gambaran sistem kerja yang baik sehingga dapat dipergunakan untuk:
a.      Mendekatkan siswa-siswi dengan implementasi administrasi publik di dalam organisasi khususnya organisasi publik secara nyata.
b.      Menginfestasi berbagai permasalahan administrasi publik yang dijumpai dilokasi PKL.
c.      Siswa dapat membandingkan konsep dan metode kerja administrasi publik yang diperoleh selama di bangku sekolah dengan praktek nyata di lokasi PKL.


BAB II
DASAR-DASAR TEORI KEGIATAN
                                                    
2.1 Kegiatan yang dilaksanakan
            Kegiatan yang dilaksanakan siswa prakerin di DinasPendidikan Kab. Pacitan umumnya hampir sama dengan yang dilakukan oleh pegawai. Yaitu setiap pagi pukul 07.00 mengikuti apel, membersihkan ruangan sebelum mulai beraktifitas, setiap hari jumat membersihkan lingkup Dinas Pendidikan dan sekitarnya,  dan siswa membantu kegiatan tersebut dan melakukan aktifitas seperti biasanya.
 
BAB III
PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
3.1 Waktu
            Siswa prakerin datang ketempat  DU/DI  pukul 07.00 WIB  dan di ijinkan pulang pukul  15.00 WIB  pada hari senin sampai hari Jum’at. Sedangkan untuk hari sabtu seluruh pegawai dan siswa prakerin libur.
3.2 Tempat
            Setiap siswa  yang  berprakerin di Dinas Pendidikan ditempatkan diruang bidang  masing - masing.
3.3 Laporan Kegiatan Siswa
            Setiap siswa memiliki kegiatan yang berbeda-beda pada setiap ruang. Dalam Hal ini terdapat 3 siswa yang berada pada ruang yang sama yaitu Ahmad Angga S., Kukuh Adi S., Rahardhian Firmansyah. Dan hanya 1 siswa yang menempati ruang yang berbeda yaitu Tyas Arie Wibowo. Berikut adalah laporan kegiatan setiap siswa dengan dalam Setiap ruang :

1.    Ahmad Angga S., Kukuh Adi S. dan Rahardhian F.
-       Mengarsipkan data
-       Pengetikan Dokumen
-       Instalasi Operasi System
-       Pengelolaan Data
-       Perakitan CPU
-       Pengoprasian Mesin Duplikator
-       Perbaikan Peralatan Komputer
-       Instalasi Jaringan
-       Check list data
-       Pencetakan NISN
-       Mencetak dan Duplikasi Dokumen
-       Dll.




2.    Tyas Arie Wibowo
-       Instalasi Sistem Operasi
-       Cek Data Bantuan DAK
-       Dokumentasi test assistent ABK
-       Update Software
-       Perakitan CPU
-       Berbaikan Jaringan LAN
-       Dll.

 
BAB IV
PROSEDUR PERUSAHAAN

4.1 Sejarah Perusahaan   
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan beralamat di  Jl. Dewi Sartika No.17, Baleharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.

4.1.1 Visi dan Misi
Visi
Terwujudnya masyarakat pacitan yang cerdas, berakhlak,
kompetitif dan berbudaya
Misi
1.    Memperluas ketersediaan dan keterjangkuauan layanan pendidikan
2.    Meningkatkan kualitas/mutu  dan relevansi layanan pendidikan
3.    Mewujudkan kesetaraan dalam memperoleh layanan pendidikan.

4.1.2 Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan

a. Kepala Dinas Pendidikan
Kepala Dinas pendidikan mempunyai tugas memimpin, melaksanakan koordinasi dan pengawasan, evaluasi dan penyelenggaraan kegiatan dinas pendidikan.
Dalam menyelenggarakan tugasnya, Kepala Dinas mempunyai fungsi :
  1. Perencanaan program bidang pengembangan, pendidikan dasar dan menengah, tenaga pendidikan dan kependidikan, pendidikan non formal dan informal serta kesekretariatan;
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas satuan kerja;
  3. Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas satuan kerja;
  4. Pembinaan pelaksanaan tugas bawahan;
  5. Pelaporan pelaksanaan tugas kepada Bupati;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.
Kepala Dinas berwenang menanda tangani ijin bidang pendidikan yang tidak ditangani oleh Badan Pelayanan Perijinan Terpadu.
b.      Bagian Sekretariat
Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris, masing-masing bidang dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, masing-masing  UPT dipimpin oleh seorang Kepala UPT yang berada dibawah dan  bertanggungjawab kepada Kepala Dinas Pendidikan.Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dibidang ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, sarana dan prasarana, penyusunan program, evaluasi , pelaporan serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Fungsi sekretariat  :
a.    Penyelenggaraan dan pengelolaan rumah tangga, sarana dan perlengkapan;
b.    Pelaksanaan surat-menyurat, kearsipan dan perpustakaan;
c.    Pembinaan dan pengembangan serta pengelolaan administrasi kepegawaian;
d.    Penyelenggaraan dan pengelolaan administrasi keuangan;
e.    Pengkoordinasian penyusunan program kerja, laporan pelaksanaan, evaluasi
        dan pengendalian.

Sekretariat, membawahi :
a.    Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
b.    Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan;
c.    Sub Bagian Keuangan

c.      Bidang Tenaga Pendidikan
Bidang Tenaga Pendidikan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dibidang Tenaga Pendidikan TK dan SD, Tenaga Pendidikan SMP dan SM,Peningkatan Mutu Tenaga Pendidikan dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh  Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Bidang Tenaga Pendidikan mempunyai fungsi :
a. Perencanaan kebutuhan pendidik dan  tenaga kependidikan pendidikan anak           usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan non formal
     sesuai  kewenangannya;
b. Pengangkatan dan penempatan pendidik dan tenaga kependidikan  untuk
     pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan
     pendidikan non formal sesuai kewenangannya;
c.  Pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan;
d.  Peningkatan kesejahteraan, penghargaan, dan perlindungan pendidik dan tenaga
     kependidikan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah
     dan pendidikan non formal;
e.  Pembinaan dan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan
     anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan non
     formal;
f.   Pemberhentian pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan anak usia
     dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan non formal selain      karena alasan pelanggaran peraturan perundang-undangan;
g.  Pemberian dukungan sumber daya manusia terhadap penyelenggaraan
     perguruan tinggi;
h.  Peremajaan data dalam sistem informasi manajemen pendidik dan tenaga
     kependidikan tingkat Kabupaten.

Bidang Tenaga Pendidikan membawahi :
a.    Seksi Tenaga Pendidikan TK dan SD;
b.    Seksi Tenaga Pendidikan SMP dan SM;
c.    Seksi Peningkatan Mutu Tenaga Pendidikan.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Tenaga Pendidikan.



d.    Bidang Pendidikan TK dan SD
Bidang Pendidikan TK dan SD mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dibidang Pengajaran, Pengelolaan Pendidikan, Sarana dan Prasarana TK dan SD dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pasal ini, Bidang Pendidikan TK dan SD mempunyai fungsi :
a.    Pembinaan pelaksanaan kurikulum/ pengajaran TK dan SD;
b.    Pembinaan administratif pengelolaan TK dan SD;
c.    Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan TK dan SD dan program kegiatan
Wajib Belajar;   
d.    Pelaksanaan pendataan dan evaluasi kelembagaan TK dan SD.

Bidang Pendidikan TK dan SD membawahi :
a.    Seksi Pengajaran TK dan SD;
b.    Seksi Pengelolaan Pendidikan TK dan SD;
c.    Seksi Sarana dan Prasarana TK dan SD.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Pendidikan TK dan SD.
e.      Bidang Pendidikan SMP dan SM
Bidang Pendidikan SMP dan SM mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dibidang Pengajaran SMP dan SM, Pengelolaan Pendidikan SMP dan SM, Sarana dan Prasarana SMP dan SM dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh  Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsinya;
Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pasal ini, Bidang Pendidikan SMP dan SM mempunyai fungsi :
a.   Pembinaan pelaksanaan kurikulum / pengajaran SMP, SMA dan SMK;
b.   Pembinaan administratif pengelolaan SMP, SMA, dan SMK;
c.   Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan SMP, SMA, SMK dan program
       kegiatan Wajib Belajar;
d.   Pelaksanaan pendataan dan evaluasi kelembagaan SMP, SMA, dan SMK.
Bidang Pendidikan SMP dan SM membawahi :
a.    Seksi Pengajaran SMP dan SM;
b.    Seksi Pengelolaan Pendidikan SMP dan SM;
c.    Seksi Sarana dan Prasarana SMP dan SM
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pendidikan SMP dan SM
 Top of Form
eeef.  Bidang Pendidikan Luar Sekolah
Bidang Pendidikan Luar Sekolah mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan dibidang Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Anak Usia Dini, Perpustakaan Sekolah  dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsinya;
Bidang Pendidikan Luar Sekolah mempunyai fungsi :
a. Pembinaan kegiatan Pendidikan Masyarakat dalam rangka pelaksanaan  proses
     belajar mengajar
b.  Pembinaan kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini
c.  Pembinaan Perpustakaan Sekolah
d.  Penyediaan sarana prasarana Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Anak Usia Dini
     dan Perpustakaan Sekolah.
Bidang Pendidikan Luar Sekolah membawahi :
a.    Seksi Pendidikan Masyarakat;
b.    Seksi Pendidikan Anak Usia Dini;
c.    Seksi Perpustakaan Sekolah.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah.

4.2 Struktur Organisasi



4.3 Sarana dan Prasarana
4.3.1 Sarana
a.  Computer
b.  Printer
c.   Fax
d.  Mesin Scanner
e.  Wi-Fi / Area Hotspot
f.    Mesin Foto Copy
g.  Air Conditioner (AC)
h.  Kursi, Meja dan Lemari sebagai tempat penyimpanan berkas-berkas dan buku-buku yang sangat memadai.
i.    Perlengkapan alat tulis yang di siapkan oleh  masing-masing bidang
4.3.2 Prasarana
a.    Ruangan Kepala Dinas Pendidikan
b.    Ruangan Sekretaris
c.    Ruangan Bidang Tenaga Pendidikan
d.    Ruangan Bidang Pendidikan TK dan SD
e.    Ruangan Bidang Pendidikan SMP dan SM
f.     Ruangan Bidang Pendidikan Luar Sekolah
g.    Ruangan Pengawas
h.    Ruangan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
i.      Ruangan Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan
j.      Ruangan Sub Bagian Keuangan
k.    Ruangan Pertemuan
l.      Toilet
m.   Area parkir yang sangat memadai dan kendaraan dinas
n.    Kantin yang sangat memuaskan yang memadai dan bermacam-macam makanan yang di siapkan.
o.    Masjid / mushola


BAB V
KESIMPULAN & SARAN

5.1 Kesimpulan
            Setelah kami melaksanakan praktek kerja lapangan di Dinas Pendidikan kami dapat mengambil kesimpulan bahwa semua pelajaran dan teori yang kami dapat di sekolah belum tentu sama dengan kenyataan yang kami alami di lapangan. Hal ini tentu menambahkan pengalaman kami yang tidak kami dapat di sekolah.

5.2 Saran
Adapun saran yang dapat kami kemukakan dalam laporan ini, baik bagi kami selaku Siswa yang melakukan PKL, pihak sekolah,  maupun bagi pihak Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan  yaitu :
Saran untuk Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan :
1.  Diharapkan bagi instansi untuk lebih meningkatkan motivasi kerja yang maksimal agar hasil kerja yang dicapai lebih baik, serta diharapkan agar semua komponen lebih disiplin waktu.
2.  Lebih memanfaatkan IPTEK secara optimal dan potensial.
3 .Kami berharap Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan senantiasa akan bersedia menerima siswa SMK Negeri 1 Pacitan untuk pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan pada angkatan berikutnya.
4. Kami berharap Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, tidak ada rasa bosan untuk selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada kami sebagai siswa Praktek Kerja Lapangan, baik angkatan tahun ini maupun angkatan tahun yang akan datang, untuk menuju ke hal-hal yang bisa mempertanggung jawabkan pekerjaan yang diberikan dari Instansi masing-masing.
5.  Kami juga berharap agar materi yang diberikan sesuai dengan jurusan masing-masing dan bisa di pertanggung jawabkan di sekolah.

  
Saran untuk Pihak Sekolah :
a.    Kami sebagai pelaksana tahun ini mengharapkan agar dalam Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi siswa SMK Negeri 1 Pacitan yang akan di langsungkan pada tahun yang akan datang pihak sekolah harus mempersiapkan siswanya yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan sebaik mungkin. Dan disertai dengan saran prasarana yang lebih menunjang.
b.    Kami juga mengharapkan pada siswa yang akan mengikuti PKL pada angkatan berikutnya,untuk mempersiapkan diri. Mulai sekarang agar kelak saat menjalankan praktek kerja lapangan dapat menjalankannya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

 



LAMPIRAN
 Di isi Dengan Foto-Foto selama kegiatan Prakerin

Comments